Pasar, Nasabah dan Mitra Usaha

Aspek pasar, nasabah dan mitra usaha menjadi unsur strategis dalam bisnis pembiayaan. Pasar pembiayaan sebagai bagian dari pasar penyaluran dana industri keuangan yang merupakan medan persaingan yang ketat karena baik bank dan non bank menawarkan produk yang mirip dan bersifat substitutif. Oleh karena itu, kemampuan menetapkan segmen, sasaran dan menempatkan diri (positioning) menjadi penting. PT. Armada Finance telah  melakukan pemetaan sasaran pasar, sehingga sudah fokus pada nasabah.

Pasar Sasaran

Tujuan kita bukanlah untuk mendapatkan pangsa pasar yang terbesar. Keinginan kita adalah terutama untuk mendapatkan pangsa yang paling menguntungkan pada setiap segmen pasar yang kita layani. Kita meyakini bahwa kunci untuk melakukan penetrasi pada pasar-pasar ini adalah memasukinya dengan produk-produk yang superior, inovatif dan bersifat pribadi dan pada saat yang sama memberikannya dengan kualitas tinggi disertai pelayanan nasabah yang prima. Pasar kita pada saat ini terutama adalah keluarga-keluarga dan usaha-usaha skala kecil dan menengah, dan sasaran kita adalah untuk melakukan penetrasi yang jelas dan dirasakan dalam setiap pasar geografis yang besar di setiap wilayah di Indonesia.

Kualitas

Kepuasan dan kebahagiaan nasabah, dan dengan demikian keberhasilan kita juga, sangat tergantung pada kemampuan kita untuk memberikan produk dan pelayanan yang berkualitas tinggi. Produk dan layanan yang berkualitas tinggi adalah yang diberikan dan kemudian terbukti sebagaimana yang dijanjikan.

Kualitas tinggi bukanlah kondisi statis. Kualitas tinggi sangat rentan terhadap perbaikan yang terus menerus melalui identifikasi-identifikasi yang sistematis dan eliminasi terhadap penyebab-penyebab adanya kekeliruan dan penyimpangan, melalui pengembangan sistem dan proses yang telah baik dan melalui pendidikan serta pelatihan. Perbaikan kualitas yang terus menerus akan membawa bukan saja kepuasan dan kebahagiaan nasabah yang lebih besar, tetapi juga produktivitas yang lebih tinggi dan biaya yang lebih rendah.

Konsep perbaikan kualitas berlaku terhadap setiap bagian perusahaan, termasuk pemasaran, kebijakan, dan investigasi kredit, pelayanan terhadap nasabah, keuangan, sumber daya manusia, dan juga peralatan-peralatan serta lingkungan kerja. Setiap karyawan harus memiliki komitmen terhadap perbaikan kualitas dan harus memiliki prinsip untuk “melakukan dengan benar pada saat pertama dan melakukannya lebih baik lagi di lain waktu”.

Nasabah

Memuaskan dan membahagiakan nasabah kita dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhannya merupakan hal yang mendasar bagi kelangsungan hidup dan pengembangan kita. Kebutuhan-kebutuhan itu paling baik jika di pahami dalam bentuk dukungan yang kita berikan terhadap para nasabah kita dalam membantu mereka mewujudkan sasaran-sasaran dan tujuan-tujuan mereka, melalui pemanfaatan yang optimum atas sumber-sumber daya mereka sendiri. Dengan demikian tujuan kita haruslah menyediakan produk-produk yang unggul, kompetitif, dan bersifat pribadi, yang sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan mereka yang unik, dan pada saat yang sama memberikan pemecahan yang inovatif terhadap problema-problema para nasabah kita. Untuk itu kita harus bekerja keras agar dapat benar-benar memahami usaha dan keluarga mereka, sehingga kita dapat mengantisipasi kebutuhan-kebutuhan mereka dan dapat menyediakan produk-produk dan pelayanan-pelayanan yang paling sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan yang paling sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan mereka. Kita berkeinginan untuk menjadi mitra yang terpercaya bagi para nasabah kita dan dapat menjalin hubungan bisnis yang langgeng atas dasat kualitas, integritas, dan prinsip yang saling menguntungkan.

Mitra Usaha

Bank, dealer, pedagang mobil, dan perusahaan asuransi adalah mitra-mitra bisnis dalam usaha kita untuk mengembangkan pangsa pasar dalam rangka memenuhi kebutuhan-kebutuhan nasabah kita. Untuk itu kita harus terbuka dan jujur mengungkapkan rencana-rencana dan kebutuhan-kebutuhan kita, karena hal-hal ini akan mempengaruhi mereka. Kita juga harus bersedia memahami kendala-kendala yang dihadapi mereka, baik itu karena alasan teknologi, struktur biaya, ataupun karena alasan sumber-sumber daya finansial. Kita memberikan tekanan yang sungguh-sungguh unuk hanya bekerja sama dengan bank, dealer, pedagang mobil, dan perusahaan asuransi yang secara finansial kuat dan stabil, memiliki kompetensi dalam bidangnya serta jujur, dan mereka yang selalu konsisten dalam melaksanakan dukungan, kerjasama, dan komitmennya yang tinggi terhadap kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *