Pengembangan SDM

Pasar, pembiayaan, pendanaan, dan sumber daya manusia diperhitungkan sebagai kunci sukses bisnis bidang keuangan. Meskipun jumlah SDM adalah perlu, tetapi belum cukup karena kualitas SDM dari berbagai dimensi : kompetensi, karakter dan perilaku yang membentuk SDM sebagai modal insani (human capital) atau sebagai aset perusahaan. Dari segi jumlah pegawai PT. Armada Finance, perkembangan jumlah secara total nampak dari tahun beroperasi 1995 s/d puncaknya 2014, akibat penurunan usaha sejak 2013 berdampak pada penurunan jumlah pegawai sampai akhir 2016. Per 31 Maret 2017, telah mengalami kenaikan lagi dari 1.306 orang tahun 2016, menjadi 1337 orang per tanggal 31 Maret 2017.  Berikut kami tampilkan grafik jumlah pegawai PT. Armada Finance :

Pendidikan dan pelatihan yang bertujuan untuk mendorong peningkatan prestasi dan motivasi kerja secara umum diberikan kepada seluruh karyawan dari semua lapisan melalui pelatihan internal dan melalui kerjasama dengan pihak Lembaga Pengembangan Sumber Daya eksternal yang dilakukan secara rutin dan berkesinambungan. Training yang dilakukan secara internal antara lain :

  • Program Pendidikan Dasar I (bagi karyawan baru)
  • Program Pendidikan Dasar II (lanjutan karyawan baru)

Training yang dilakukan dengan pihak eksternal antara lain :

  • Gloria Eduka-sindo (Yogyakarta)
  • Humanity Training & Consulting (Salatiga)
  • AIS Training & Consulting (Semarang)
  • Mark Plus (Jakarta)
  • Learnig Resources (Jakarta)
  • Prasetiya Mulya Business School (Jakarta)
  • Dale Carnegie (Surabaya)

Pengembangan secara internal dilakukan oleh Direksi dan Pimpinan Wilayah secara rutin di Salatiga. Langkah ini menunjukkan bahwa PT. Armada Finance sangat serius dalam usahanya untuk melakukan pengembangan kompetensi SDM, karena kami meyakini bahwa karyawan adalah salah satu aset yang berharga dan mitra usaha utama perusahaan.

Mengingat CIMO dan Kolektor sebagai garda depan (fronliner) dalam menciptakan sumber pendapatan perusahaan, maka pada tahun 2017, fokus pengembangan kepemimpinan difokuskan pada SDM yang berasal dari CIMO dan Kolektor.

Berikut kami sampaikan grafik CIMO dan Kolektor :

Penambahan SDM ketegori CIMO tersebut dalam grafik diatas mencerminkan upaya ekspansi pada tahun 2017 sebagai momentum ekspansi lagi, setelah mengalami penurunan selama sekitar 4 tahun dari 2013-2017, meskipun pada tahun 2018 mengalami sedikit penurunan.

Penambahan jumlah tenaga kerja ini disertai dengan penguatan kepemimpinan Kantor Cabang – melalui rapat penyaluran pembiayaan yang berkualitas secara rutin yang dilakukan oleh para Kepala Cabang dengan karyawan dilingkungan kerna masing-masing. Di samping itu, Kantor Pusat menyediakan pelatihan peningkatan kompetensi kepemimpinan dalam rangka pengkaderan. Dokumentasi untuk pelatihan bisa dilihat di Kategori : “Dokumentasi Kepemimpinan”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *