Tujuan Usaha dan Cakupan Usaha

Tujuan kita adalah untuk terus menerus mencari peluang-peluang dimana kita dapat memberikan kontribusi yang berharga dan unik dalam menyediakan jasa-jasa finansial bagi masyarakat. Untuk itu kita berusaha keras menyediakan produk-produk bagi nasabah kita yang paling cocok dengan kebutuhan-kebutuhan mereka, sehingga dengan demikian akan meningkatkan produktivitas sumber daya manusia dan modal mereka, dan dengan demikian akan mempertinggi kualitas hidup dan kemajuan masyarakat.

Fokus produk utama kita adalah sejumlah jasa pembiayaan bagi nasabah-nasabah yang terutama terdiri dari keluarga-keluarga dan usaha-usaha skala kecil dan menengah.

Motivasi dan minat pribadi para karyawan kita terutama berkaitan dengan kebutuhan-kebutuhan yang semakin meningkat terhadap keamanan, keselamatan, pemenuhan tujuan hidup, pengakuan atas identitas diri, dan perwujudan atas potensi yang dimiliki secara penuh. Oleh karena itu tujuan perusahaan kita paling baik apabila dicapai dalam suatu lingkungan yang akan mendorong dan membantu para karyawan dalam mencapai tujuan-tujuannya. Oleh karena itu kita berusaha memberikan suatu lingkungan kerja yang stabil namun menantang, dimana mereka dapat memperoleh kompensasi di atas rata-rata atas kinerja dan kontribusi mereka terhadap perusahaan yang diatas rata-rata. Kebijakan kita adalah menyediakan kesempatan yang tidak terbatas bagi kemajuan-kemajuan pribadi mereka dengan memberikan peluang-peluang memimpin dan peluang untuk membuat kesalahan, untuk bertumbuh, berkembang dan menguji gagasan-gagasan baru.

Kebijakan personalia kita dapat didefinisikan dengan 5 prinsip dasar, yaitu :

  1. Memberikan iklim dan sumber daya yang memungkinkan semua orang untuk mengembangkan kemampuannya sejauh yang dapat dihasilkan oleh bakat dan keahliannya sendiri, tanpa membedakan umur, warna kulit, cacat tubuh, status perkawinan, kewarganegaraan, suku bangsa, agama, jenis kelamin, atau status sosialnya;
  2. Memberikan gaji dan kompensasi yang adil dan kompetitif;
  3. Memastikan bahwa ide-ide, keluhan-keluhan, dan masalah-masalah yang ada dapat diidentifikasi, dan komunikasi dua arah yang efektif selalu terjaga dengan baik;
  4. Menyediakan suatu lingkungan yang dapat mengidentifikasi, mendorong, dan menghargai keunggulan, inovasi dan pelayanan yang berkualitas terhadap nasabah;

Selalu mengingat bahwa penghargaan terhadap martabat manusia adalah hal yang fundamental terhadap keberhasilan kita.

Pada awalnya PT. Armada Finance didirikan sebagai perseroan terbatas berkedudukan hukum di DKI Jakarta, berdasarkan Akta Notaris Hendrik Lambertus Hans Verhoeven, SH No. 11 tanggal 7 April 1994, dan memperoleh ijin usaha berdasarkan SK Menteri Keuangan RI No. 554/KMK.017/1994 tanggal 10 Nopember 1994.

PT. Armada Finance memulai kegiatan operasionalnya untuk pertama kali pada bulan Maret 1995. Kemudian dengan dukungan yang diberikan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. berupa pemberian fasilitas kredit modal kerja, PT. Armada Finance memulai memberikan pembiayaan untuk pertama kalinya pada tanggal 23 Juni 1995.

Dengan dilandasi obsesi untuk menguasai dan menjadi pemain dominan di wilayah Jawa Tengah, maka berdasarkan Berita Acara Rapat No. 81 tanggal 30 Agustus 1996, Kantor PT. Armada Finance dipindahkan dari DKI Jakarta ke Kabupaten Magelang di Jawa Tengah.

Mendasari bahwa sumber dana yang utama bagi PT. Armada Finance adalah dari pinjaman industri perbankan, maka sejak awal PT. Armada Finance telah menetapkan sebagai target pasar pembiayaan yang utama adalah mereka yang secara ekonomi layak untuk diberikan fasilitas pembiayaan, namun secara administratif tidak akan bankable dari kacamata dunia perbankan.

Demikian juga, walaupun PT. Armada Finance menjadi bagian dari Armada Group yang memiliki dealer mobil Mitsubishi, Daihatsu, Isuzu, Hino, Suzuki, Mazda, Honda, serta Chevrolet, serta dealer motor Honda, namun PT. Armada Finance sadar bahwa tidak mungkin dapat bersaing head to head dengan perusahan pembiayaan asing, perusahaan-perusahaan yang dimiliki bank, maupun bank yang juga melayani pembiayaan untuk pembelian mobil dan motor baru.

Oleh karena itu maka sejak dari awal beroperasi, PT. Armada Finance memang lebih memfokuskan pada pembiayaan mobil bekas, terutama mobil niaga guna mendukung kegiatan usaha kecil dan menengah dalam mengembangkan kegiatan usahanya, disamping juga pembiayaan mobil bekas berupa mobil penumpang yang diperlukan oleh keluarga-keluarga tersebut. Itu juga sebabnya PT. Armada Finance memiliki slogan sebagai “Mitra Usaha, Sahabat Keluarga“.

Dengan pertimbangan strategis itu, maka dalam menjalankan pembiayaan PT. Armada Finance tidak membatasi fasilitas pembiayaan hanya kepada para calon nasabah yang membeli mobil baru dari dealer-dealer yang dimiliki oleh Armada Group saja. Sejak dari awal beroperasi sampai saat ini sebagian besar nasabah yang membeli mobil baru dan menjadi debitur PT. Armada Finance justru mereka yang membeli mobil baru bukan dari dealer-dealer yang dimiliki oleh Armada Group. Apabila porsi terbesar pembiayaan PT. Armada Finance adalah pembiayaan dengan jaminan mobil bekas untuk kegiatan usaha, baik berupa pembiayaan investasi maupun pembiayaan modal kerja.

Pembiayaan dengan jaminan mobil bekas, bisa berupa pembiayaan untuk pembelian mobil maupun pembiayaan untuk kebutuhan usaha berupa pembiayaan investasi maupun pembiayaan modal kerja, dengan jaminan mobil bekas yang telah dimiliki oleh calon nasabah sendiri. Dalam model bisnis ini, disamping berhubungan langsung dengan calon nasabah yang membutuhkan pembiayaan, PT. Armada Finance juga menjalin kerjasama dengan mitra bisnis, baik penjual perorangan maupun showroom penjual mobil bekas. Dengan jalan demikian, maka disamping memberikan pembiayaan kepada debitur baik untuk keperluan usaha maupun untuk keperluan konsumtif, PT. Armada Finance juga mendukung pengembangan pedagang dan penjual mobil bekas yang skala usahanya sebenarnya termasuk dalam kelompok usaha kecil dan menengah di masyarakat.

Sampai dengan akhir tahun 2016 yang lalu PT. Armada Finance masih berkonsentrasi hanya menyalurkan pembiayaan dengan jaminan mobil baru maupun mobil bekas, dimana sebagian besar termasuk dalam kategori pembiayaan investasi dan pembiayaan modal kerja, dan sebagian kecil berupa pembiayaan multiguna. Saat ini PT. Armada Finance sedang mengembangkan skema produk pembiayaan yang sama, namun dengan jaminan tanah dan atau tanah dan bangunan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *