LAPORAN BERKELANJUTAN 2023

1. PENJELASAN STRATEGI BERKELANJUTAN

Memasuki tahun 2023 kondisi secara umum mulai berangsur membaik. Funding dari perbankan juga bisa didapatkan oleh PT Armada Finance, namun demikian pihak bank yang juga mempersyaratkan adanya jaminan fixed asset, dan ini tentu menjadi kendala karena jumlah fixed asset yang dimiliki perusahaan juga terbatas. Oleh karena itu perusahaan harus tetap selektif dan menerapkan mitigasi risiko yang ketat dalam menyalurkan pembiayaan. Dengan kondisi tersebut perusahaan tetap berkomitmen untuk melanjutkan kegiatan keuangan berkelanjutan untuk tahun 2023 sesuai dengan yang sudah ditargetkan dalam Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan Tahun 2022.

Salah satu pelaksanaan Keuangan Berkelanjutan di tahun 2023 adalah Pengembangan Kapasitas Internal di semua level organisasi perusahaan. Sosialisasi dilakukan baik untuk karyawan baru maupun karyawan lama dengan tujuan agar semua karyawan akan dapat memahami dan menerapkan kegiatan kerja dan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan ramah lingkungan. Demikian juga setiap karyawan diharapkan dapat memberikan edukasi/literasi di sekitar tempat tinggal masing-masing akan arti pentingnya lingkungan tempat tinggal yang ramah lingkungan. Selain itu perusahaan tetap berkomitmen untuk mendukung usaha UMKM yang mencapai 90,21% dari keseluruhan portofolio pembiayaan perusahaan. Komitmen tersebut sebagai bentuk upaya perusahaan dalam penerapan implementasi POJK 51 tahun 2017.

2. IKHTISAR KINERJA ASPEK BERKELANJUTAN

a. Aspek ekonomi

 Tahun 2021Tahun 2022Tahun 2023
Pembiayaan88.922.565.400319.023.364.150405,751,434,500.00
Laba Rugi  8.122.269.615      -584.381.692  22,713,706,738.61

b. Aspek Lingkungan Hidup

 Tahun 2021Tahun 2022Tahun 2023
Penghematan Listrik1.677.409.3301.599.166.1041,504,027,318.00
Penghematan Air   103.973.327   101.479.726   101,885,881.00

c. Dampak positif dari penerapan keuangan berkelanjutan adalah mendorong setiap karyawan untuk mempunyai gaya hidup ramah lingkungan dan juga dapat memberikan sosialisasi di setiap tempat tinggal masing-masing akan arti pentingnya lingkungan tempat tinggal yang ramah lingkungan.

3. PROFIL PERUSAHAAN

a. Visi Perusahaan

Menjadi salah satu perusahaan pembiayaan pilihan masyarakat, sebagai mitra yang setia untuk mengembangkan bisnis dan menumbuhkan kehidupan keluarga yang bahagia, berguna, dan berarti.

b. Misi Perusahaan

  • Membangun organisasi yang fleksibel dan tidak birokratis, agar masyarakat dapat memperoleh akses atas fasilitas pembiayaan yang mudah, dan untuk mengembangkan bisnis maupun untuk memenuhi keperluan serta kebutuhan keluarga.
  • Memahami beragam kebutuhan nasabah dan memberikan layanan finansial yang tepat demi tercapainya kepuasan optimal bagi nasabah.
  • Meningkatkan nilai kekayaan bagi seluruh stakeholders PT Armada Finance.Memberikan manfaat dan nilai tambah (added value) bagi para pemegang saham (shareholders) dan bagi para pemangku kepentingan (stakeholders).Mempertahankan dan meningkatkan kelangsungan usaha yang sehat dan kompetitif dalam jangka panjang (sustainable).
  • Meningkatkan kepercayaan terhadap PT Armada Finance di mata para kreditur, nasabah, serta pemangku kepentingan lainnya.

c. PT Armada Finance, Kantor Pusat Jalan Jendral Sudirman 165 Magelang (56125) Telpon (0293) 313777, Fax (0293) 313888, website: https://af.co.id email: hrd@af.co.id, mempunyai 2 Kantor Wilayah, 38 Kantor Cabang dan 28 Kantor Perwakilan.

d. Skala usaha PT Armada Finance

  • Aset Ekuitas dan Kewajiban
  • Ketenagakerjaan
  • Kepemilikan Saham
  • Wilayah Operasional

Aset Ekuitas dan Kewajiban

 202120222023
Aset                   623,083,878,113.00 713,350,215,805.00  848,983,674,397.01   
Ekuitas457,974,151,803.00                  440,396,670,627.00     463,110,377,365.61   
Kewajiban165,109,726,310.00                272,953,545,178.00     385,873,297,031.40  

Ketenagakerjaan

Jumlah Karyawan berdasarkan usia

Jumlah Karyawan berdasarkan Pendidikan

Kepemilikan Saham

Pemegang Saham Prosentase Kepemilikan Modal Disetor
PT Mekar Armada Jaya   80%10,000,000,000.00
David Herman Jaya   15%  1,875,000,000.00
Bambang Handoyo    5%     625,000,000.00
Jumlah Saham100%12,500,000,000.00

Wilayah Operasional

e. Kegiatan Usaha

PT Armada Finance bergerak dalam usaha pembiayaan dengan fokus pada usaha pembiayaan konsumen dalam bentuk penyediaan dana bagi debitur/calon debitur yang ingin membeli kendaraan dengan pembayaran secara angsuran. Pembiayaan konsumen dengan jaminan kendaraan bermotor khususnya kendaraan roda 4 atau lebih, dalam kondisi baru maupun bekas, berupa kendaraan niaga maupun kendaraan pribadi. Skema pembiayaan adalah pembiayaan investasi, modal kerja dan multiguna dengan jangka waktu angsuran 1 tahun sampai dengan 5 tahun. Adapun yang dijadikan agunan pembiayaan adalah Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) asli yang akan disimpan oleh perusahaan dan akan diserahkan kepada debitur apabila seluruh kewajiban pembayaran angsuran debitur telah lunas.

f. PT Armada Finance menjadi anggota Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI)

dimana sangat banyak manfaat sebagai anggota APPI mencakup wadah untuk berkomunikasi dan berdiskusi seputar kegiatan usaha pembiayaan dengan segala permasalahan yang dihadapi. PT Armada Finance juga menjadi anggota Rapindo dibawah APPI sebagai sarana untuk mitigasi risiko pembiayaan, dalam hal ini Rapindo bergerak dalam bidang pencatatan aset, sehingga dapat dihindari adanya jaminan BPKB ganda.

g. Memasuki akhir tahun 2023

Perusahaan melakukan evaluasi terhadap kinerja kantor layanan yang masih belum bisa bertumbuh kembali setelah terdampak pandemi Covid-19, dan sebagai langkah efisiensi maka perusahaan akan menutup kantor layanan yang tidak bisa berkembang dengan baik di tahun 2024.

4. PENJELASAN DIREKSI

  1. Kebijakan pemenuhan strategi berkelanjutan menjadi dasar untuk menjawab tantangan penerapan keuangan berkelanjutan yang telah dimulai tahun 2020. Strategi utama adalah membangun kapasitas internal dengan melakukan sosialisasi tentang Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) untuk semua karyawan perusahaan. Setiap Sumber Daya Manusia (SDM) perusahaan diharapkan mempunyai komitmen untuk menerapkan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan, baik di lingkungan kantor ataupun lingkungan tempat tinggal. Dengan adanya komitmen ini akan sangat membantu perusahaan dalam menerapkan pembangunan berkelanjutan. Tantangan dalam penerapan pembangunan berkelanjutan adalah masih minimnya informasi tentang pembangunan berkelanjutan, sebagian besar masyarakat masih belum tahu dan memahaminya, sehingga perusahaan berkomitmen untuk memberdayakan setiap SDM yang ada untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar mengetahui, memahami dan menerapkan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan.
  2. Dimulai dari tahun pertama penerapan keuangan berkelanjutan, perusahaan mengutamakan sosialisasi tentang pembangunan berkelanjutan baik untuk internal perusahaan maupun untuk lingkungan masyarakat di sekitar perusahaan. Perusahaan juga membuat kebijakan internal dalam upaya mendukung SDGs dengan mendorong karyawan memiliki gaya hidup yang ramah lingkungan, penghematan biaya listrik dengan menggunakan lampu yang lebih hemat energi dan juga desain kantor yang ramah lingkungan (tidak banyak menggunakan lampu penerangan), mengurangi limbah plastik dan kertas, penghematan penggunaan air, melakukan optimalisasi penggunaan kendaraan operasional.
  3. Meningkatkan pertumbuhan portofolio hijau menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan, dan perusahaan berkomitmen untuk memberikan pembiayaan untuk alat (panel listrik tenaga surya untuk skala rumahan), mesin, dan moda transportasi yang ramah lingkungan. Dengan adanya dukungan pemerintah kepada industri untuk menciptakan produk-produk yang ramah lingkungan diharapkan juga akan meningkatkan portofolio hijau bagi perusahaan, utamanya perusahaan akan ikut serta dalam pembiayaan kendaraan bermotor tenaga listrik dan juga alat pembangkit listrik alternatif untuk skala rumahan. Namun demikian perusahaan masih belum dapat bersaing dengan perbankan ataupun perusahaan pembiayaan yang lebih besar dalam menumbuhkan portofolio hijau. Dengan kondisi ini maka perusahaan tetap fokus untuk mendukung pembiayaan UMKM sebagai dukungan terhadap kebijakan pembangunan berkelanjutan.

5. TATA KELOLA BERKELANJUTAN

Struktur organisasi perusahaan dapat digambarkan sebagai berikut:

Perusahaan berkomitmen untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia di setiap jenjang organisasi, mulai dari level bawah sampai dengan level teratas dengan tujuan menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing, serta memiliki produktivitas kerja yang dapat diandalkan untuk mencapai tujuan perusahaan. Berikut datanya :

Dalam kondisi apapun, perusahaan tetap berkomitmen untuk menerapkan pedoman manajemen risiko sesuai dengan ketentuan dalam POJK No 44/POJK.05/2020 mencakup risiko strategis, risiko operasional, risiko kredit, risiko pasar, risiko likuiditas, risiko hukum, risiko kepatuhan dan risiko reputasi yang melibatkan semua pemangku kepentingan untuk mencapai tingkat kesehatan perusahan (TKS) dan tata kelola perusahaan yang baik (GCG) dapat digambarkan sebagai berikut:

6. KINERJA BERKELANJUTAN

Penjelasan tentang kinerja berkelanjutan dapat dilihat di awal laporan berkelanjutan ini, baik mengenai kegiatan membangun budaya berkelanjutan ataupun pencapaian kinerja ekonomi selama tiga tahun terakhir. Melengkapi yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa perusahaan melakukan pembiayaan dengan skema pembiayaan investasi, modal kerja dan  multiguna yang dapat disampaikan sebagai berikut:

Dari data tersebut terlihat komitmen perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk pembiayaan dengan skema investasi dan modal kerja mencapai 90,21% dari total pembiayaan, dan sebagian besar adalah pembiayaan untuk kelompok UMKM dengan tujuan agar debitur yang termasuk dalam golongan UMKM dapat meningkatkan usaha dan meningkatkan taraf kesejahteraan hidupnya.

Dukungan perusahaan terhadap pembiayaan UMKM menjadi prioritas perusahaan dalam penerapan implementasi POJK 51 Tahun 2017, selain juga komitmen lainnya seperti efisiensi energi, pencegahan dan pengendalian polusi dan lainnya.

Dalam bidang ketenagakerjaan, perusahaan juga berkomitmen untuk memberikan kesempatan bekerja kepada masyarakat pencari kerja sesuai kualifikasi yang ditetapkan perusahaan dan selalu menjaga untuk tidak melakukan adanya tenaga kerja paksa ataupun mempekerjakan tenaga kerja anak. Dalam bidang remunerasi, perusahaan selalu mematuhi ketentuan UMK di setiap kantor cabang dan perwakilan beroperasional. Pengembangan kompetensi karyawan juga menjadi komitmen perusahaan dengan dibarengi menciptakan lingkungan kerja yang layak dan aman bagi semua karyawan.

Peran serta perusahaan dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat dapat dilihat dari kegiatan inklusi dan literasi keuangan yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya untuk masyarakat di sekitar kantor pusat maupun di kantor cabang dan perwakilan. Adapun mekanisme pengaduan dan tindak lanjut pengaduan masyarakat telah dapat ditangani dengan baik. Dalam bidang kesehatan, perusahaan aktif melaksanakan kegiatan donor darah secara rutin yang dilakukan setiap tiga bulan sekali yang diperuntukkan bukan hanya bagi karyawan perusahaan, tetapi juga diikuti oleh karyawan perusahaan lain di sekitar lingkungan perusahaan dan juga masyarakat umum di sekitar perusahaan. Dalam bidang sosial kemasyarakatan, perusahaan sesuai dengan kemampuan yang ada dan juga didukung oleh semua karyawan, memberikan bantuan kepada beberapa daerah yang terdampak bencana sebagai wujud kepedulian sosial dari perusahaan dan karyawan.

Komitmen perusahaan dalam bidang lingkungan hidup seperti yang sudah disampaikan dalam awal laporan ini adalah membuat kebijakan penggunaan energi dan material yang efektif, efisien dan ramah lingkungan. Penghematan kertas dilakukan dengan mencetak dokumen bolak balik, menggunakan sampul atau amplop bekas untuk surat menyurat internal perusahaan, dukungan divisi Teknologi Informasi (TI) dengan mengembangkan sistem yang mengurangi pencetakan laporan dan informasi. Pengurangan limbah plastik juga dilakukan dengan tidak lagi menyediakan air minum dalam kemasan plastik, baik bagi debitur, tamu kantor, maupun kegiatan rapat internal kantor, dan digantikan dengan menggunakan tempat minum yang dapat dicuci ulang. Penghematan listrik dilakukan dengan membangun beberapa kantor yang hemat penerangan dan juga mengurangi penggunaan AC freon yang tidak ramah lingkungan. Perusahaan tidak secara detail mencatat penggunaan kertas, listrik dan air dalam volume, namun pencatatan dan evaluasi dilakukan dalam bentuk biaya yang dikeluarkan, dan dapat dilihat di bagian awal dari laporan berkelanjutan ini.

LEMBAR UMPAN BALIK

Terimakasih telah membaca Laporan Berkelanjutan PT Armada Finance. Untuk meningkatkan kualitas pelaporan yang lebih baik di waktu mendatang, kami mengharapkan usulan, saran, kritik dari pembaca dan pengguna laporan berkelanjutan ini. PT Armada Finance berkomitmen untuk meningkatkan kinerja berkelanjutan yang terbaik untuk semua pemangku kepentingan.

HRD PT Armada Finance Kantor Pusat
Jalan Jendral Sudirman 165 Magelang (56125)
Telpon : 0293-313777 Fax : 0293-313888