Kinerja Berkelanjutan 2021
Penjelasan tentang kinerja berkelanjutan dapat dilihat di awal laporan berkelanjutan ini, baik mengenai kegiatan membangun budaya berkelanjutan ataupun pencapaian kinerja ekonomi selama 3 tahun terakhir. Melengkapi yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa perusahaan melakukan pembiayaan dengan skema pembiayaan investasi, modal kerja dan multiguna yang dapat disampaikan sebagai berikut :
Dari data tersebut terlihat komitmen perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk pembiayaan dengan skema investasi dan modal kerja mencapai 80% dari total pembiayaan dan sebagian besar adalah pembiayaan untuk kelompok UMKM dengan tujuan agar debitur yang termasuk dalam golongan UMKM dapat meningkatkan usaha dan meningkatkan taraf kesejahteraan hidupnya.
Dalam bidang ketenagakerjaan, perusahaan juga berkomitmen untuk memberikan kesempatan bekerja kepada masyarakat pencari kerja sesuai kualifikasi yang ditetapkan perusahaan dan selalu menjaga untuk tidak melakukan adanya tenaga kerja paksa ataupun mempekerjakan tenaga kerja anak. Dalam bidang remunerasi, perusahaan selalu mematuhi ketentuan UMK di setiap kantor cabang dan perwakilan beroperasional. Pengembangan kompetensi karyawan juga menjadi komitmen perusahaan dengan dibarengi menciptakan lingkungan kerja yang layak dan aman bagi semua karyawan.
Peran serta perusahaan dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat dapat dilihat dari kegiatan inklusi dan literasi keuangan yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya untuk masyarakat di sekitar kantor pusat maupun di kantor cabang dan perwakilan. Adapun mekanisme pengaduan dan tindak lanjut pengaduan masyarakat telah dapat ditangani dengan baik. Dalam bidang kesehatan, perusahaan aktif melaksanakan kegiatan donor darah secara rutin yang dilakukan setiap 3 bulan sekali yang diperuntukkan bukan hanya bagi karyawan perusahaan, tetapi juga diikuti oleh karyawan perusahaan lain di sekitar lingkungan perusahaan dan juga masyarakat umum di sekitar perusahaan. Dalam bidang sosial kemasyarakatan, perusahaan sesuai dengan kemampuan yang ada dan juga didukung oleh semua karyawan, memberikan bantuan kepada beberapa daerah yang terdampak bencana sebagai wujud kepedulian sosial dari perusahaan dan karyawan.
Komitmen perusahaan dalam bidang lingkungan hidup seperti yang sudah disampaikan dalam awal laporan ini adalah membuat kebijakan penggunaan energi dan material yang efektif, efisien dan ramah lingkungan. Penghematan kertas dilakukan dengan mencetak dokumen bolak balik, menggunakan amplop bekas untuk surat menyurat internal perusahaan, dukungan divisi Teknologi Informasi (TI) dengan mengembangkan sistem yang mengurangi pencetakan laporan dan informasi. Pengurangan limbah plastik juga dilakukan dengan tidak lagi menyediakan air minum dalam kemasan plastik, baik bagi debitur, tamu kantor maupun kegiatan rapat internal kantor, dan digantikan dengan menggunakan tempat minum yang dapat dicuci ulang. Penghematan listrik dilakukan dengan membangun beberapa kantor yang hemat penerangan dan juga mengurangi penggunaan AC Freon yang tidak ramah lingkungan. Perusahaan tidak secara detail mencatat penggunaan kertas, listrik dan air dalam volume, namun pencatatan dan evaluasi dilakukan dalam bentuk biaya yang dikeluarkan, dan dapat dilihat di bagian awal dari laporan berkelanjutan ini.